16. Feb, 2022

Dataran Pulau Kemaro Palembang

Cinta sesuatu yang sakral untuk sepasang kaum adam dan hawa, apalagi berbeda kepercayaan menjadi tantagan yang cukup berat untuk mendapatkan restu dari kedua orang tua, Terkadang apalah daya orang tua apabila seorang anak yang memilih pelabuhan bersandar di orang yang benar-benar di cintai, sehingga dengan ikhlas memberikan restu ke anaknya.

Sama halnya dengan cerita rakyat palembang tentang pualau kemaro yang sangat dikenal dengan kisah cinta seorang putri raja bernama Siti Fatimah yang mencintai saudagar kaya asal tiongkok bernama Tan Bun An. 

Cerita singkat saudagar kaya Tan Bun An kembali ke tinogkok dengan membawa Siti Fatimah dan meminta restu ke pada orang tua sudagar kaya asal tiongkok, Setelah mendapat restu dari orangnya Tan Bun An membawa siti fatimah kembali ke palembang dan orang tua Tan Bun An memberikan 7 Guci besar sebagai hadiah untuk sang menantu.

Sesampainya di sungai musi Tan bun an penasaran dengan buah tangan yang di bawakan orang tuanya, dan setelah di buka Tan Bun An terkejut dengan isinya ternyata sawi asin. Karna merasa malu dengan pemberian orang tuanya Tan Bun An lalu membuang satu per satu guci di sungai musi, namun saat guci ke tujuh mau di lempar ke dalam sungai musi pecah dan ternyata di balik sawi asin ada Emas yang di tutupi sawi asin, Tanpa pikir panjang Tan Bun An langsung masuk ke sungai musi dan berusaha mengambil guci yang telah di tenggelamkan ke dalam sungai di susul dengan pengawal yang mencoba membantu Tan Bun An.

Karna tidak muncul ke permukaan Siti Fatimah tanpa pikir panjang juga ikut terjun dengan maksud menyelamatkan Tan  Bun An. Tak jauh dari tenggelamnya tan bun an dan siti fatimah terdapat pulau yang di namakan pulau kemaro.

Dinamakan Pulau kemaro karna pulau ini tidak pernah terendam air walaupun air sungai musi pasang naik sebesar apapun, dan kalau di lihat dari geografisnya pulau ini hanya dataran yang tingginya hanya 5 dpl dari air sungai. Untuk menjangkau ke pulau kemaro kurang lebih memakan waktu 20-30 menit menggunakan kapal.

Di dalam pulau terdapat pagoda dan kelenteng, Sedikit tips apabila berkunjung ke pulau kemaro jangan di jangka waktu 2 minggu setelah hari raya IMLEK karna untuk kawasan pagoda memang di larang masuk, karna lepas 2 minggu dari hari raya imlek kawasan pagoda di tutup.

Nah Nikmati paket promonya bersama PT. Duta Pesona Wisata, Ayo buruan join trip palembang bersama Duta Pesona Wisata.