16. Feb, 2022

Gunung Talang SUMBAR

Setiap teringat Sumatera Barat, dikebanyakan orang pasti mengingat kelezatan makanan khas Sumatera Barat yaitu Rendang, makanan khas Sumbar ini memang sudah banyak dikenal di seluruh dunia,sehingga pernah dinobatkan makanan terenak dunia.

Bukan hanya makanan khas,Sumatera Barat juga memiliki pesona alam yang dapat menaklukan hati siapa saja.Pesona alam di Sumatera Barat dapat ditemukan di Gunung Talang.Gunung Talang adalah gunung berapi aktif,yang tingginya 2.597 mdpl.Gunung Talang sudah berkali-kali meletus dan terakhir kali meletus pada tahun 2007,dan terkenal dengan jalur pendakiannya yang sangat menantang.

Gunung Talang ini terletak di Kabupaten Solok,9 kilometer dari ibu kota kabupaten yaitu kota Arosuka, luas gunung ini masuk ke empat kecamatan,yaitu Keacamatan Gunung Talang,Kecamatan Lembah Gumanti,Kecamatan Danau Kembar,dan Kecamatan Lembang Jaya.Gunung Talang adalah salah satu dari enam gunung berapi aktif di Padang.

Perjalanan menuju pos awal pendakian bisa menggunakan kendaran roda dua atau roda empat.Saat tiba di rambu 0,atau R0, kamu harus registrasi terlebih dahulu,dengan biaya sekitar Rp10 ribu per orang. 

Ada beberapa jalur pendakian yang dapat kamu pilih untung mendaki Gunung Talang.Jalur Batu Bajanjang atau Bukit Sileh, jalur yang populer digunakan para pendaki adalah jalur Air Batumbuk, dikarenakan jalur ini punya pemandangan yang indah dan lebih menantang.

Gunung Talang adalah gunung yang direkomendasikan untuk pemula dikarenakan tidak butuh waktu lama untuk perjalanan, waktu perjalanan sekitar empat jam saja,jika sudah terbiasa mendaki gunung,kamu dapat melakukan perjalanan dengan waktu 2,5 jam saja untuk sampai ke cadas Gunung Talang.Disetiap perjalanan kamu akan menemui rambu (R) sebanyak 54 buah, yaitu rambu yang harus kamu lalui untuk sampai ke puncak Gunung Talang.

Perjalanan untuk menuju puncak akan melewati cadas dan hutan mati.Untuk melewati cadas Gunung Talang harus berhati-hati karena jalur merupakan bebatuan dan tanjakan yang tinggi dan kemiringan hingga 50 derajat.

Sesudah cadas,kamu akan tiba di hutan mati yang luas.Dikatakan hutan mati karena banyak pohon yang terkena abu vulkanik sehingga hanya tinggal batang nya saja.

Tidak beberapa jauh dari hutan mati, kamu akan sampai di puncak Gunung Talang.Dipuncak ini kamu seperti berada di negeri diatas awan,seperti gunung-gunung lainya, dari puncak Gunung Talang kamu dapat melihat pemandangan Kabupaten Solok dan Danau Kembar dan Danau Talang, jika cuaca cerah juga terlihat puncak Gunung Kerinci,dan jambi