17. Feb, 2022

Masjid Sriwijaya Muhammad Cheng Ho

Hai Travel mate, Karna perjalanan overline dari sumatera barat menuju sumatera selatan sangat banyak admin lihat destinasi wisata yang ada di negri sriwijaya itu, Dengan bentuk dan cerita di balik nya sangat menarik perhatian. Nah kali ini kita akan membahas tentang salah satu masjid unik yang ada di palembang.

Masjid cheng ho, masjid cheng ho jakabaring sriwijaya. Nah disini kenapa admin bantu dengan keterangan lengkap karna untuk nama masjid ini berada di beberapa daerah pesisir pantai, seperti Batam dan Jambi. Karna asal mula nama cheng ho di ambil dari salah satu laksamana yang menjadi tangan kanan atau orang kepercayaan dari kaisar Yongle kaisar ke tiga tiongkok yang berkuasa dari tahun (1403-1424) dari dinasti ming.

Laksamana Cheng Ho sendiri merupakan seorang muslim yang kurang lebih 3 kali menginjakkan kaki di  tanah sriwijaya. Alam penyebaran Islam di indonesia selain di lakukan oleh pedagang dari arab dan sekitarnya, ternyata para pedagang asal tionghoa ikut berperan dalam penyebaran islam di tanah sriwijaya palembang.

Masjid ini di beri nama Masjid Sriwijaya Muhammad Cheng Ho, masjid berstruktur gabungan antara bangunan China-Melayu, di kombinasi dengan interior hiasan-hiasan sentuhan adat palembang. masjid yang di dirikan sejak 2003 dan selesai di tahun 2006, yang di bangun oleh  praksara para sesepuh dan di sertai  tokoh masyarakat Tionghoa. masjid yang dapat menampung 500-600 orang ini memiliki 2 lantai dan memiliki warna corak yang sedikit mencolok seperti perpaduan antara merah muda dan merah.

Hal ini Menjadi salah satu kebanggan masyarakat palembang yang rukun berdampingan dengan masyarkat tiong hoa, Untuk lokasi masjid sendiri berada di dalam komplek perumahan yang mayoritasnya tionghoa. 

Selain tempat beribadah masjid ini juga sering mengadakan pengajian wajib rutin untuk anak-anak sekitar komplek gratis. dan ada beberapa komunitas yang menyempatkan singgah dan membuat pengajian bersama di dalam masjid. Menuju lokasi sahabat travelmate hanya memakan waktu 10-15 menit dari jembatan ampera, Nah Tunggu apa lagi siapkan perjalanan travelmate dari sekarang bersama Duta Pesona Wista.