17. Feb, 2022

Museum Alqur'an

Alqur'an merupakan kitab suci umat islam, dengan makna yang mendalam al-Qur'an disampaikan agar umat muslim dapat menjadikan pedoman hidup dalam menjalani hidup sehari-hari. Firman yang di turunkan muali dari surah Al-baqorah dan dalam artinya Bacalah. Disini umat muslim di perintahkan untuk banyak membaca sebagai literasi ilmu.

Di Jl. Moh Amin Gundus, Kota Palembang terdapat satu musium yang menjadi icon muslimya wong kito Galo. Di musium Al-qur'an palembang kita membaca alqur'an tidak di atas kertas namun di dinding-dinding yang terbuat dari kayu yang terukir surat-surat indah dari kitab suci al-qur'an. Mulai dari juz 1 hingga jus 30.

Museum ini menjadi satu-satunya musium al-quran terbesar di Dunia yang terbuat dari kayu, dengan luas gedung kurang lebih 200m2 menjadikan salah satu tempat yang wajib di kunjungi apabila travelmate berada di kota empek-empek.

Ayat-ayat suci alquran tersebut,diukir dengan pahatan timbul dan juga menggunakan warna keemasan khas Kota Palembang. Warna Emas disebut mewakili warna kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam.

Pembangunan Museum Al-quran tersebut dimulai pada tahun 2002, dan ditanggal 30 Januari 2012 lalu, destinasi wisata tersebut diresmikan secara langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tidak hanya menjadi tempat wisata religi,Al-quran raksasa tersebut juga dijadikan masyarakat setempat untuk mengadakan kegiatan islami,seperti tadarus,ceramah,shalat tarawih dan buka bersama pada saat bulan Ramadhan 

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke Museum ini,pengunjung harus membayar tiket masuk terebih dahulu.Tiket masuknya tergolong murah cuma 20 ribu rupiah.Selain melihat megahnya Alquran raksasa,pengunjung juga bisa menyewa pakaian adat khas Palembang ,dengan harga sewa mulai dari Rp75.000 hingga Rp100.000.Di museum ini pengunjung juga bisa berbelanja beragam cinderamata khas Palembang.

nah..Tunggu apalagi, ayo liburan ke Kota Pempek ini jangan di tunggu-tunggu....