24. Feb, 2022

Tambua Tasa Khas Minangkabau

Sumatera Barat memiliki beranekaragam jenis kesenian tradisional yang sangat khas, kali ini kita akan memberikan informasi berupa alat musik perkusi yang terdiri dari dua alat musik yaitu Gandang Tambua dan Gandang Tasa, yang biasa disebut dengan Tambua Tasa, Apakah kalian mengetahui apa itu Tambua Tasa??

Tambua Tasa adalah kesenian khas Pariaman,Sumatera Barat. Kesenian ini berasal dari  India yang dibawa oleh pendagang Gujarat ke Tiku Pariaman yang merupakan pelabuhan terbesar di Pantai Barat Minangkabau, dan terus berkembang diberbagai daerah di Minangkabau.

Gandang Tambua berbentuk tabung dan bahan yang terbuat dari kayu dengan dua permukaan kulit, dan dimainkan dengan cara disandang disalah satu bahu pemain dengan posisi berdiri dengan menggunakan dua pemukul tambua,sedangkan Tasa lebih mirip setengah bola yang memiliki satu kulit.

Alat musik ini dimainkan dengan group dengan posisi yang terdiri dari 7 orang penabuh yang terbagi menjadi enam pemain Gandang Tambua dan satu orang memainkan Tasa. Aalat musik ini digunakan dalam berbagai upacara adat dan keagamaan seperti: Upacara  pengangkatan penghulu, upacara khatam alquran, upacara perkawinan dan lain-lain 

Mau berwisata sekaligus belajar kita akan aturkan buat sahabat hanya Duta Pesona yang akan menjawab semua kebutuhan perjalanan sahabat selama di sumatera barat, tidak hanya destinasi wisata saja yang beragam tapi sahabat harus lihat dan perhatikan budaya yang ada di sumatera barat. Budaya ini yang menjadikan negara kita Indonesia kuat. Bhineka Tunggal Ika - PT. Duta Pesona Wisata