3. Mar, 2022

Kisah SIboko Anak Durhaka

Indonesia salah satu  negara yang memiliki kepulauan dan budaya yang beragam, dominannya dari cerita rakyat atau yanng sering dikenal dengan legenda kebanyakan legenda yang berbau kutukan dan berisi pesn moral yang selalu di sampaikan di akhir cerita. Banyak cerita yang terkadang dapat kita percaya dan terkadang ada juga yang menjadi tanda tanya, tentang bukti dan kebenaran cerita rakyat masih menjadi tanda tanya bagi setiap pendengarnya.

Namun terkadang cerita tersebut memiliki bukti fisik yang dapat di lihat dengan mata, yang semakin meyakinkan bahwa cerita tersebut pernah ada dan benar-benar terjadi. Berita dan cerita yang berkembang dan terus meluas di kalangan masyarakat lokal. Di Sumatera Barat banyak cerita rakyat yang masih berhubungan dengan kutukan, yang sama-sama kita tau cerita Malinkundang kisah anak durhaka, Siti Nurbaya, Batu Busuk, Danau Kembar, Telaga Dewi, dan masih banyak lainnya.

Di banyaknya cerita rakyat sumbar ada yang jarang di ketahui oleh masyarakat yaitu cerita tentang kisah siboko. Mungkin kebanyakan hanya mengetahui hanya bukit siboko saja, namun cerita di balik terjadinya tragedi kapal anak durhaka ini masih menjadi tanda tanya besar bagi kita.

Ada beberapa yang mengatakan bahwa siboko merupakan anak yang mada (dalam bahasa minang). yang selalu sering main di pulau yang tidak berpenghuni, yang mana di pulau itu siboko selalu terdengan riang bermain dan sang ibu khawatir terjadi yang tidak di inginkan kepada sang anak, maka ibu siboko memperingatkan nya untuk pulang namun siboko menolak bahkan ballik memarahi sang ibu.

Karna melihat anaknya tidak mendengar kata-kata orang tuanya sang ibu menyumpah siboko dari pulau seberang yang dikenal sebagai pulau pasumpahan, setelah mengucapkan itu terjadi badai dan kapal siboko yang begitu besar mampu di balikkan dan lama kelamaan menjadi batu dan dikenal sebagai bukit siboko.

Banyak yang mengatakan bercerita tentang siboko menjadi hal yang tabu karna masih banyak yang mengatakan mistisnya terlalu kuat sehingga dapat merugikan seseorang yang mencerikatan kisah ini.

Walaupun percaya gak percaya itulah budaya khas minangkabau dan dominannya Indonesia yang harus di jaga dan terus di lestarikan agar saling menghargai dan mengingat pesan setiap kisahnya.

Kurang lebih seperti inilah budaya khas indonesia. Tetap jaga , lestarikan dan kembangkan wonderfull indonesia.