3. Mar, 2022

Danau Kembar Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di indonesia yang memiliki wisata alam yang sangat alami,tak heran jika banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Sumatera Barat. Salah satu daerah kebupaten di Sumatera Barat adalah Solok. Kabupaten ini merupakan salah satu sentra produksi beras yang terbesar di Sumatera Barat ,dikenal dengan nama Bareh Solok. Tidak hanya itu Solok juga mempunyai tempat wisata yang bertemakan alam yang sangat alami contoh nya Danau Kembar.

Legenda tentang terbentuknya Danau Kembar yaitu, konon didasar danau tersebut terdapat naga raksasa yang dibantai oleh pembuat tonggak yang bernama Niniak Gadang Bahan,dan kemudian bangkai naga tersebut membentuk seperti angka delapan ,lalu tertimbun oleh tanah. Dan pada akhirnya tergenanglah air yang membentuk dua danau besar yang diberi nama Danau Kembar tersebut.

Pesona danau tersebut sangat memikat hati para pengunjung, suasananya yang sejuk dan spot yang disajikan tidak kalah menarik dengan pemandangan yang ada di New Zealand.

Istilah dari Danau Kembar disematkan karena danau tersebut ada dua yang lokasinya berdekatan. Yang satu di atas atau disebut juga dengan Danau Diateh, dan yang ke dua Danau Dibawah.

Dari kedua danau ini hanya dipisahkan oleh satu bukit yang memiliki lebar 300 meter, serta perbedaannya hanyalah dari ketinggian dan juga tingkat kedalamannya saja. Maka cocok disebut kembar. Penyebutan Danau Di Atas justru menunjukan lokasi danau yang berada dibawah. Dan begitu juga sebaliknya, Danau Dibawah untuk lokasi danau yang berada di atas.

Danau Diateh adalah 1.720 meter,dengan kedalaman 44 meter, dengan panjangnya 6.25 kilometer dan lebar 2,75 kilometer. Dan adapun Danau Di Bawah memiliki luas 1.690 meter persegi.

Ragam spot yang bisa kita dapatkan di Danau Kembar ini mulai dari pemandangan kebun teh Danau Kembar,Gunung Talang,dan perkebunan sayur. Dan engunjung pun bisa membeli bunga yang dijual di sekitaran danau ini,dan lain-lain seperti memancing,menjelajahi danau,dan juga fasilitas outbound