23. Mar, 2022

Edukasi Penghijauan Hutan Mangrove di Pulau Kapo-Kapo

Mangrove merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan manfaat mulai dari akar hingga buahnya, Apalagi bagi daratan dapat mengurangi abrasi yang di lakukan oleh gelombang air laut. Abrasi merupakan penarikan lempengan tanah dan pasir yang ada di pesisir pantai, banyak yang mengakali abrasi ini dengan beberapa batu-batu besar dengan tujuan menghalau gelombang langsung ke permukaan tanah.

Abrasi dapat di cegah dengan beberapa cara salah satunya menciptakan pemecah gelombang, Tujuan pemecah gelombang di gunakan agar ombak air laut tidak langsung menepi di daratan melainkan dapat di halang dengan pemecah gelombang tersebut. Pemecah gelombang dapat di buat dengan 2 metode, yaitu dengan pembentengan, pemasangan batu atau semen buatan dan penanaman mangrove sebagai pemecah gelombang.

Penanaman mangrove selain mengurangi abrasi pantai juga dapat di jadikan tempat tinggal berbagai hewan andemik indonesia seperti kura-kura, kepiting bakau, biawak, dan beberapan jenis kera khas sumatera. Dengan program trip mandeh kini kami Duta Pesona Wisata menyertakan pengunjung untuk dapat berkunjung sekaligus menjaga serta melestarikan kapo-kapo hanya dengan 10.000, travel mate dapat menyelamatkan kapo-kapo dari abrasi pantai.

Selain itu mangrove juga memiliki kandungan yang dapat menyerap racun baik di air ataupun di udara sekitar pohon mangrove sendiri, Karna tanaman mangrove penyerap CO2 terbaik dalam proses ekosistem untuk merubah menjadi O2.

Kegiatan ini muncul karna sang mentor PT. Duta Pesona Wisata Abah eng yanto merasa keindahan wisata kawasan mandeh jangan sampai hilang karna semakin hari semakin banyak kerusakan  yang ada namun perbaikan tidak ada, Dengan menggandeng D diharapkan semua pengunjung dapat ikut serta mengikuti penghijauan hutan mangrovenya kapo-kapo.

Untuk mempersiapkan program agar berjalan lancar Sang Motivator telah mengedukasi masyarakat kapo-kapo dalam membibit pohon mangrove, dan telah mempersiapkan kurang lebih 100 bibit pohon mangrove yang sudah siap tanam di lokasi yang menjadi pusat penanaman. Selain itu travelmate juga dapat membeli dan membawa pulang bibit mangrove ini. di harapkan pengunjung dapat merasakan dan memberi kenangan yang indah di kapo-kapo island dengan menuliskan nama travel mate untuk setiap penanaman pohon mangrove.

Untuk kegiatan akan di pandu dengan tour guide yang bertugas di lapangan, Harapannya kedepan masyarakat dapat menjaga lingkungan dan memperbaiki alam sekitar. Salah Hijau Indonesia ku.