24. Mar, 2022

Wisata Mandeh

Tempat yang wajib dikunjungi di Kawasan Mandeh

Mandeh atau yang biasa disebut dengan Pulau Mandeh sebenarnya, Mandeh adalah sebuah kawasan teluk mandeh yang merupakan perpaduan perbukitan yang alami 
dengan keindahan teluk dan dihiasi dengan beberapa pulau - pulau kecil yang berada dibagian tengah teluk Carocok Tarusan, yang terletak di Kecamatan Koto XI Kabupaten Tarusan Pesisir Selatan Padang Sumatera Barat. Mandeh merupakan salah satu tempat wisata di Pesisir Selatan dan tidak hanya itu, kawasan Mandeh ini terkenal di Indonesia maupun di tingkat internasional.
 
Pulau Mandeh yang sering disebut oleh masyarakat umum Sumatera Barat disebut dengan kawasan mande karna nama mande di ambil dari nama salah satu desa di kawasan pesisir. Jalan wisata mandeh dapat di lalui menggunakan transportasi laut atau transportasi darat. Melalui transportasi laut menggunakan kapal/boat bisa dari , Gaung, Pelabuhan Bungus, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan. Jika melalui tranportasi darat bisa menggunakan kendaraan roda dua/roda empat, melalui ruas jalan terbaru ialah melewati Carocok lalu menyusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai sepanjang 12,5 km.
 
Dari pemandangan puncak mandeh, anda dapat melihat beberapa gugusan Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Hutan Mangrove, Sironjong besar dan kecil serta Pulau Cubadak. Namun pada kawasan utara puncak mandeh terdapat beberapa pulau di sumbar yaitu Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular, dan Pulau Sikuai yang berdampingan dengan Pulau Marak. 
 
Namun Sumatera Barat ini mempunyai Raja Ampat nya sendiri yang biasa disebut Raja Ampat Sumbar. Banyak wisatawan yang bertanya - tanya, "dimanakah Raja Ampat Sumatera Barat??". Raja Ampat terletak di pulau mandeh di Pesisir Selatan Padang. Pulau Mandeh ini terdapat beberapa pulau yang mempunyai keindahan alam yang berbeda - beda, yang keindahannya tidak kalah menarik seperti Pulau Kapo - Kapo, pulau Cubadak, Pulau Sironjong Gadang, Pulau Sironjong Ketek, dan Sungai Gemuruh.
 
Untuk biaya menyebrang ke pulau mandeh melalui dermaga Carocok Tarusan menggunakan kapal/boat dengan harga Rp. 800.000.00 satu kapal maksimal untuk 15 orang.