26. Mar, 2022

Pesona Air Terjun Lubuak Bulan

Sumatera Barat yaitu di Kabupaten Lima Puluh Kota yang suasananya masih asri. Pegunungannya yang hijau, dan bukit nya yang berbaris rapi yang masih menghiasi. Didaerah ini mempunyai objek wisata dengan keunikannya tersendiri.

Salah satu objek wisatanya yaitu Air Terjun Lubuak bulan. Nama Air Terjun Lubuak bulan mempunyai arti. Lubuak artinya kolam, karena kolam tempat jatuhnya air berbentuk menyerupai bulan maka diberi nama oleh masyarakat setempat bernama Air Terjun Lubuak bulan. Lokasi Air Terjun Lubuak bulan ini jauh didalam hutan belantara, di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Koto, Sumatera Barat. Bagi yang suka adventure,Air Terjun Lubuak bulan sangat wajib dikunjungi karena untuk mencapai lokasi pengunjung harus melewati hutan terlebih dahulu.

Air Terjun Lubuak bulan ini memiliki keunikannya sendiri karena disini, air terjun disambut kolam yang berbentuk bulat tanpa ada sungai. Jadi, air tersebut akan hilang ditelan bumi. Hilangnya aliran air ini menjadi tanda tanya bagi masyarakat sekitar. Fenomena ini banyak mengundang wisatawan yang penasaran bagaimana sebenarnya air terjun Lubuak bulan ini

Ketika berada di air terjun ini pengunjung bisa melakukan aktifitas wisata di air terjun lubuak bulan ini seperti trekking menyusur hutan, bersepeda,berkemah dibalik air terjun, dan menikmati air terjun lubuak bulan. Perlu diketahui, untuk menikmati air terjun lubuak bulan pengunjung yang datang dilarang mencemplungkan diri atau berenang di kolam air terjun. Pengunjung hanya dapat menikmati air terjun dari tepian pagar yang sudah dibatasi. Hal ini karena mengingat adanya kekhawatiran jika berenang di kolam air terjun ini akan terbawa ke dalam aliran sungai bawah tanah.

Menuju ke Air Terjun Lubuak bulan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 4-5 jam jika melalui perjalanan dari Kota Payakumbuh, setelah bergerak dari simpang Kapuak, dan setelah itu kamu akan menemukan jalur seperti pendakian bukit dan merupakan jalan setapak yang hanya bisa dilalui oleh kendaran roda dua. Setelah tiba di Perkampungan Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, kamu masih harus melakukam perjalanan kurang lebih sekitar 3 jam.