5. Apr, 2022

4 Minuman khas minangkabau yang cocok saat berbuka puasa

Bulan April sudah mulai memasuki bulan suci ramadhan bagi umat islam di seluruh indonesia.Di bulan ini seluruh umat islam wajib menjalankan ibadah puasa,selain itu umat islam sangat dianjurkan memperbanyak ibadah karena pada bulan suci ramadhan ini pahala kita lebih besar atau berlipat ganda menjalankan ibadah dari pada biasanya.Marilah kita berbanyak-banyak berbuat kebaikan pada bulan suci yang baik ini.

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa,mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari,dengan syarat tertentu,untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.Pada saat menjalankan puasa tentunya kita ada sahur dan juga ada berbuka.
 
Nah,untuk berbuka puasa tentunya kita butuh yang segar-segar untuk melepaskan haus.Di daerah Sumatera Barat banyak orang yang berjualan makanan dan minuman untuk berbuka di sepanjang jalan,banyak berbagai menu makanan dan berbagai macam minuman seperti kolak,es campur,es serut timun,pical,gorengan dan sebagainya.
 
Kali ini yang akan kita bahas di blog adalah rekomendasi minuman yang segar untuk berbuka puasa pada bulan suci ramadhan ini di Sumatera Barat berikut ini:
 
1.Aia Aka 
Aia Aka merupakan minuman berbahan dasar cincau dari Sumatera Barat.Minuman ini memiliki warna kehijauan yang sedikit cerah.Minuman satu ini terbuat dari saripati daun Cylea berbata atau daun cincau yang sudah mengental. 
 
2.Es Tebak 
Es Tebak adalah adonan tepung beras dan sagu,bentuknya seperti cendol hanya saja berwarna putih,disajikan dengan sirup merah namun ada juga memvariasikan dengan menambah berbagai jenis makanan seperti cincau hitam,tape ubi. 
 
3.Es Timun Serut
Rasanya segar dan aromanya khas banget,cara membuatnya pun sangat mudah.Bahan yang digunakan adalah Timun yang masih muda, sedikit garam dan gula putih.Belah dua timun kemudian kerok dengan menggunakan sendok atau garpu,setelahnya siram dengan air gula putih,lalu beri es batu maka es timun siap dinikmati.
 
4.Es Cendol Mak Khatib
Es Cendol Mak Khatib adalah minuman paling legendaris yang sangat terkenal di Sumatera Barat.Rasanya legit,karena diberi campuran gula aren dan es batu.Sejak dibuka ditahun 1950-an sampai sekarang,Es Cendol Mak Khatib selalu kebanjiran pengunjung dan menjadi buruan para wisatawan.Dan masih banyak lagi di Sumatera Barat minuman segar untuk berbuka puasa