9. Apr, 2022

Malam terbaik dibanding malam 1000 bulan

Ramadhan adalah bulan ke sembilan dari kelender hijriah,dan dirayakan oleh umat islam diseluruh dunia dengan cara berpuasa selama 30 hari atau 29 hari.Bulan suci ramadhan ini sangat di tunggu-tunggu dan dinantikan oleh umat islam,karena bulan ini penuh kebaikan dan keberkahan.Di bulan ini umat islam berlomba-lomba berbuat kebaikan,memperbanyak ibadah untuk mendapatkan pahala yang lebih besar pada bulan ini. 

 
Bulan ramadhan ini disebut juga bulan syahrul  karena dibulan ini al-quran diturunkan kepada nabi muhammad yaitu tanggal 17 ramadhan.Setiap tanggal itu umat islam memperingati sebagai hari nuzulul quran dan akan ada acara di setiap masjid ataupun mushalla.
 
Selain itu,pada bulan ini ada malam yang sangat istimewa bagi umat islam untuk memperbanyak ibadah yaitu Malam Lailatul Qadar.
 
Malam Lailatul Qadar adalah malam di bulan ramadhan yang diistimewakan oleh Allah swt.Malam lailatul qadar ini dirahasiakan oleh Allah swt,tidak seorang pun mengetahui kapan datangnya.Banyak yang memprediksi malam lailatul qadar itu tanggal 27 ramadhan.
 
Malam lailatul qadar ini menjadi malam terpenting selama bulan ramadhan sepanjang tahun.Para ulama berpendapat "siapapun yang melakukan amal ibadah di malam ini,akan mendapatkan pahala setara dengan melakukan ibadah seribu bulan atau dihitung mencapai 84 tahun lamanya".Malam inilah mejadi anjuran bagi umat islam untuk memperbanyak doa dan ibadah di 10 hari bulan ramadhan.
 
Lailatul qadar diambil dari kata dasar yang artinya agung dan kemuliaan dititik karena malam ini memiliki keagungan dan keistimewaan dibandingkan malam-malam lain (dikatakan al-Bhagawi).Malam ini sering dinamakan "Malam kemuliaan yang lebih baik dari 1.000 bulan".
 
Menurut ustadz abdul somad,sholat lailatul qadar sebaiknya dilakukan setelah bangun tidur di sepertiga malam.Sholat lailatul qadar dapat dilakukan sebanyak dua rakaat hingga 12 rakaat.
Adapun cara melakukan shalat sunnah lailatul qadar ini :
1.Membaca niat
2.Takbiratul ikram
3.Membaca surat al-fatihah dan surat pendek (dianjurkan membaca surat pendek al-qadr,surat ini berisi tentang peristiwa turunnya al-quran pada malam lailatul qadar) 
4.Tidak menggunakan tahiyat awal
5.Tahiyat akhir
6.Mengucap salam
 
Bukan tanpa alasan,di malam lailatul qadar ini,dimana Allah akan memberikan rahmat kebaikan,ampunan yang luas, dan keselamatan bagi umat muslim dari siksa api neraka.