12. Apr, 2022

5 Jenis Kolak yang Nikmat untuk Disajikan saat Berbuka Puasa

Pada Bulan Ramadhan waktu berbuka puasa kini menjadi momen yang ditunggu - tunggu pada saat Bulan Ramadhan. Pada saat berbuka puasa, makanan yang manis dan berkuah sangat digemari untuk menjadi menu berbuka puasa. Contohnya seperti kolak. Di Indonesia kolak menjadi salah satu   menu favorit saat berbuka puasa karena cita rasanya yang lezat.
 
Makanan satu ini memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia sebab, perpaduan citarasa yang unik dari kolak, seperti manis, legit, dan gurih, namun kolak ini memiliki banyak macam yang dijadikan menu berbuka puasa. Berikut ada beberapa aneka kolak yang umum dijadikan menu berbuka puasa.
 
1. Kolak Ubi
Kolak ubi, dengan bahan dasarnya yaitu ubi. Ubi yang dibersihkan terlebih dahulu lalu dipotong-potong,dan dimasak dengan air, gula merah, santan dan garam. Ubi yang manis dan lembut membuat cita rasa yang gurih.
 
2. Kolak Pisang 
Tidak hanya ubi untuk dijadikan bahan dasar, namun pisang juga dapat dijadikan bahan utama, karena pisang mempunyai cita rasa yang manis dan asam, namun dicampurkan dengan santan dan gula merah. Kolak pisang merupakan jenis kolak yang menjadi primadona pada saat bulan ramadhan.
 
3. Kolak Durian
Mungkin kalian wajib coba kolak durian ini. Dengan kolak ini kalian bisa menikmati lezatnya kolak durian tanpa biji dan bau khas durian ini bakal bikin kalian ngiler yang membuat kamu ketagihan untuk mencoba kolak durian ini.
 
4. Kolak Candil Ketan
Tidak hanya itu, terdapat varian lain yang bisa kamu coba yaitu Kolak Candil Ketan. Jenis kolak ini dibuat menggunakan adonan tepung ketan dan air dan dibuat menjadi bulat - bulat dan dimasak bersama dengan larutan gula merah, agar lebih nikmat dicampur dengan kuah santan agar mendapatkan cita rasa yang gurih, yang membuat kamu menjadi ketagihan.
 
5. Kolak Labu
Jika kamu tidak menyukai rasa yang tidak terlalu manis ada varian kolak yang tidak terlalu manis yaitu kolak labu. Cara pembuatan sebenarnya sama saja dengan membuat kolak ubi. Hanya saja, dikarenakan rasa labu yang cenderung tawar, jadi rasa manisnya tidak terlalu seperti kolak ubi.