19. Apr, 2022

5 Jajanan Tradisional Sumbar Yang Nikmat Disantap Saat Berbuka

Umat islam di seluruh dunia telah memasuki bulan suci ramadhan dan saat ini sudah hampir setengah bulan menjalankan ibadah puasa.Di daerah Sumatera Barat cuaca sangat panas sekali pada bulan suci ramadhan ini.Berpuasa dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam,tentunya saat berpuasa perut semua orang lapar.Saat berbuka pasti kita sangat butuh makanan yang mengganjel agar perut  kita tidak terlalu lapar.

 
Disini kami rekomendasi kepada sahabat Jajanan tradisional sumbar yang laris saat berbuka puasa:
1.Sala Lauak
sala lauak merupakan ciri khas sumatera barat dari daerah pariaman.Yang terbuat dari campuran tepung beras,irisan daun kunyit dan lauak (ikan).Adonan tersebut dibentuk bulat seperti bakso dan digoreng hingga matang.Tak cuma jadi cemilan,sala lauak ini sering disantap orang bersama lontong. 
2.Karupuak Kuah
karupuak kuah merupakan kerupuk yang disiram kuah sate padang dan diberi tambahan berupa mihun atau mie goreng kuning di atasnya.Karupuak yang dipakai pun tak sembarangan.Biasanya karupuak kuah menggunakan karupuak laweh (kerupuk lebar) yang terbuat dari singkong.Karupuak laweh berbentuk tipis,lebar dan berwarna putih.
3.Kue Singgang
Kue singgang atau bika merupakan kue khas minang.Kue ini terbuat dari tepung beras,tape singkong,santan kelapa,parutan kelapa muda,gula dan sedikit garam.Adonan kemudian dimasukkan dalam cetakan dan dipanggang di atas bara sabut kelapa. 
4.Lapek bugih 
Lapek bugih adalah makanan yang adonannya terbuat dari tepung pulur atau ketan,kelapa, gula enau atau gula pasir,kacang tanah,vanili dan santan kelapa yang kemudian dibungkus dengan daun pisang.Lapek bugih memiliki citra rasa gurih dan manis serta terdapat tekstur kasar dari kelapa dan kacang tanah.
5.Sambareh (Serabi) 
Berasal dari daerah padang pariaman yang dikenal seagai kue serabi asal minangkabau.Sambareh terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santal kental,garam dan telur.Kemudian disantap dengan cairan kuah olahan dari gula merah yang telah dicampur dengan daun pandan,garam dan santan.Perpaduan gurih dan manis menjadi pilihan menu untuk mengawali waktu berbuka puasa dalam rangka melepaskan sejenak rasa lapar.