CAPACITY BUILDING

Capacity Building : 

Capacity Building merupakan Peningkatan keterampilan (skill) dan kemampuan (capabilities), seperti kepemimpinan, manajemen, keuangan dan pencarian dana, program  dan evaluasi, supaya pembangunan organisasi atau perusahaan efektif dan berkelanjutan.

 Proses atau kegiatan memperbaiki kemampuan seseorang, kelompok, organisasi atau sistem untuk mencapai tujuan atau kinerja  yang lebih baik.

Program Capacity Building Ini adalah proses membantu individu atau kelompok untuk  mengidentifikasi dan menemukan permasalahan dan manambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dan melakukan perubahan yang lebih baik.

 

Salah satu contoh penerapan Capacity Building adalah membangun keberdayaan ekonomi rakyat yang mencakup : 

- kelembagaan

- pendanaan 

- pelayanan 

Dan di samping itu masalah internal yang harus dihadapi adalah masalah efisiensi, keterbatasan SDM dan teknologi.

Clean Capacity Building Duta Pesona Adventure

Capacity Building dibutuhkan karna semua staf memerlukan metode pembelajaran yang berbeda, dengan merubah metode pembelajaran dan lokasi yang berbeda akan dapat memberikan sensasi belajar yang santai dan tidak terkungkung dengan ruangan.Beberapa event yang Duta Pesona Adventure handle, Diantaranya:

- Bawaslu Se-Prov. Sumatera Barat

Kita tahu lembaga pemerintahan satu ini cukup terdepan dalam menentukan pemimpin dari suatu wilayah, Bawaslu Prov. Sumatera Barat melakukan kegiatan capacity building dengan menggabungkan Bawaslu 19 Kab/Kota Se- Sumatera Barat, Acara di handle dalam 4 batch dan dalam 1 batch berjumlah 70 pax.

Dengan berbagai lokasi yang telah di laksanakan, Labuhan Sunday, Kawasan mandeh, Suwarnadwipa Beach And Resort, Grace Hill Padang.

Acara di mulai dengan membuka kelas yang sengaja di kondisikan di luar ruangan, dengan memberikan materi yang ringan sesuai tema yang di inginkan dari bawaslu tentang komunikasi, team work, energi positif, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam suasana kelas kita akan selingi dengan beberapa tantangan yang memang berhubungan dengan tema yang di inginkan. Sengaja dalam menggunakan media permainan untuk menarik prlajaran apa yang akan di tuai untuk team yang lebih baik kedepannya.

Setelah kelas kita akan lanjutkan dengan mengaplikasikan materi kelas dengan area lapangan yang sudah di siapkan dengan berbaigi tantangan yang harus di selesaikan.

Acara di tutup dengan membuka sebuah komitment bersama demi kemajuan instansi yang diduduki saat ini. Dengan menyampaikan beberapa motivasi untuk mempertahankan materi yang di sampaikan oleh sang motivator.