21. Sep, 2022

Family Gathering Bermanfaat untuk Keharmonisan Dalam Lingkungan Keluarga Besar atau Organisasi

Kenapa Family Gathering itu penting?

            Sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain. Bahkan dalam jiwa manusia ada sifat rindu. Tau kenapa? Ini adalah salah satu sifat hati dari seorang manusia yang tidak bisa jauh. Dan manusia sangat merasakan pentingnya orang lain dalam kehidupannya.

            Dalam sebuah organisasi kerja / instansi/ perusahaan hal ini juga sangat terasa, ketika divisi yang lokasinya berjauhan atau beda gedung atau gedung yang terlalu besar yang memisahkan divisi satu dengan divisi lainnya. Padahal divisi satu dengan divisi yang lainnya saling melengkapi dan saling ketergantungan. Apabila satu divisi saja tidak berjalan dengan baik maka akan mengganggu divisi lain. Dengan kata lain akan menghambat tujuan dari organisasi kerja/ instansi/ perusahaan tersebut.

            Untuk itu penting Family Gathering untuk dilakukan dalam sebuah organisasi kerja/ instansi/ perusahaan yang bertujuan sebagai berikut :

  1. Sarana Refreshing.

Setiap perusahaan selalu ingin menjadi yang terbaik. Dalam pelayanan yang maksimal,  produksi yang cepat, target yang harus tercapai yang sering kali membuat karyawan harus bekerja penuh dan kadang sampai harus sering lembur dan kurang waktu dengan karyawan yang lain dan keluarga mereka sendiri.

            Kondisi seperti ini sangat dibutuhkan oleh karyawan untuk Family Gathering sebagai sarana Refreshing. Kenapa Family Gathering? Bukan Employee Gathering?

Karena Family Gathering melibatkan keluarga karyawan organisasi kerja / instansi/ perusahaan. Yang notabene keluarga karyawan juga bagian dari perusahaan. Tingginya intensitas kerja karyawan tersebut mengakibatkan kurangnya waktu karyawan bersama keluarga mereka. Sehingga dengan Family Gathering karyawan dapat refreshing bersama keluarga mereka dan keluarga karyawan lainnya.

2.Membentuk Team Work yang Solid.

Family Gathering sebagai sarana membentuk Team Work yang solid. Hal ini tergantung program yang dipersiapkan. Tentunya ini tergantung dengan program yang dibawakan oleh penyedia jasa event atau provider. Dengan banyaknya penawaran dari provider penyedia jasa event, perusahaan tentunya ingin mendapatkan program terbaik.

Perusahaan bisa menitik beratkan program kearah pembentukan team work yang solid untuk karyawan perusahaannya

3. Mempererat Hubungan. 

Tingginya tuntutan kerja dan tekanan dalam perusahaan seringkali menimbulkan kesalahpaham dalam komunikasi dan bekerja. Sehingga sering cekcok atau tidak cocoknya satu karyawan dengan karyawan yang lain. Yang lambat laun akan mempengaruhi dalam satu divisi dan dapat merambat kedivisi lain.

Seorang pemimpin harus jeli melihat keadaan yang mulai tidak kondusif. Kondisi ini harus lebih cepat diditeksi lebih awal, jangan sampai berlarut larut yang akan memperburuk keadaan dilingkungan perusahaan.

Dengan adanya family Gathering, karyawan akan merasakan kedekatan dan akan semakin mempererat hubungan antar sesama karyawan.

4. Memperbaiki Konflik.

 Tingginya tuntutan dan tekanan dalam bekerja seringkali menimbulkan konflik dalam perusahaan. Mulai dari kesenjangan yang dirasakan, perbedaaan pendapat dan lainnya. Disini saatnya sebuah perusahaan perlu mengadakan family Gathering sehingga konflik- konflik itu bisa diselesaikan.

5. Meningkatkan Kreatifitas.

Kegiatan family Gathering bermanfaat langsung kepada peserta yang ikut karena terdapat program – program yang memancing untuk sebuah hal yang baru sehingga dapat meningkatkan Kreatifitas pesertanya.

Event organizer yang menawarkan progam paket family Gathering tentu sangat memahami tujuan dari event ini di selengarakan berdasarkan TNA ( training need analisis ) dan masukan dari Panitia pelaksaana kegitan ini.